Saturday, January 25, 2020

PERBEDAAN JAKET, HOODIE, JEMPER DAN SWEATER


Kamu pernah merasa bingung dengan nama-nama jaket?. Kamu pernah ditawari jaket model hoodie atau jemper, atau sweater. Dan kamu bingung dimana letak perbedaannya? Sebenarnya apa sih perbedaan dari itu semua. Dan bagaimana ciri-cirinya, apakah memang ada nama khusus untuk model dan bahan tertentu.

Menurut pengalaman pribadi, memang semuanya mempunyai nama tersendiri. Yang membedakannya adalah model dan jenis bahan. Berikut penjelasan masing-masing model dan bahan yang ada pada sebuah jaket.

1. Jaket


Nama jaket biasanya umum digunakan untuk sebutan sebuah pakaian yang berbahan tebal. Tapi sebenarnya, kata jaket digunakan untuk bahan yang terbuat dari kulit, baik kulit asli maupun sintetis. Sehingga ketika ada yang bertanya "ada jaket?" maksudnya adalah "ada jaket kulit?". Tapi di Indonesia sendiri jaket lumrah digunakan untuk semua bahan, termasuk bahan adidas, diadora, lotto dan fleece.

2. Hoodie 

Pakaian tebal yang terbuat dari bahan adidas, diadora, lotto atau fleece yang mempunyai pelindung kepala/ kupluk. Kata hoodie memang digunakan untuk menunjukan pada tutup kepala/ kupluk tersebut.

Misalkan ada yang bertanya "Hoodienya bisa di lepas tidak?" Artinya, seseorang bertanya tentang satu pakaian yang ada tutup kepala/ kupluknya yang bisa dilepas atau tidak. Apapun model pakaiannya, kata hoodie bisa disebutkan pada pakaian yang berkupluk.


Sangat mudah bukan, untuk membedakannya.

Tapi jika ada yang menawarkan sebuah pakaian hoodie, maka yang seharusnya paling lumrah adalah model pakaian tebal yang hangat yang terbuat dari bahan adidas, diadora atau fleece.

Model pakaian hoodie terbagi menjadi 2 bagian, yaitu: Hoodie dengan zipper/ resleting dan Hoodie tanpa zipper/ resleting.

Tidak akan pernah ada sebutan Hoodie tanpa kupluk, semua hoodie pasti berkupluk, yang ada adalah hoodie tanpa zipper yang biasa juga di sebut Jemper.

3. Jemper 


Adalah nama lain dari Hoodie tanpa zipper/ resleting. Kata jemper bisa dipastikan untuk sebuah hoodie yang tidak memiliki belahan di depan alias nyambung semua, dengan cara memakainya masuk dari bawah. Jemper akan selalu mempunyai tutup kepala/ kupluk. Jemper hanya sebutan lain untuk hoodie tanpa zipper. Tidak ada kata jemper yang tak berkupluk, jikapun ada, itu sudah sebutan lain untuk sebuah pakaian yang bernama sweater.

4. Sweater 

Akulah SWEATER, tak berkupluk dan tak ber-zipper

Sweater masih bersaudara dengan Hoodie dan Jemper. Sebutan sweater lebih kepada model seperti hoodie dan jemper dengan bahan yang sama, fleece. Yang membedakan adalah, Sweater tidak berkupluk. Dan sepanjang pegetahuan pribadi sweater tidak ada yang ber-zipper (resleting). Sweater juga termasuk salah satu pakain untuk menghangatkan, bahannya adalah sama dengan bahan untuk hoodie maupun jemper.

Semoga bermanfaat dan membantu kamu dalam memilih sebuah pakaian yang diinginkan.

ANDA BUTUH SERAGAM, KAMI SOLUSINYA !







Share This: